Begini Cara Menentukan Ukuran Atap Longspan dan Pemasangannya

rumah dengan ukuran atap longspan yang pas

Longspan memiliki berbagai jenis ukuran dan motif yang bisa Anda pilih untuk atap bangunan. Salah satunya jenis ukuran atap longspan spandek. Jenis atap ini sangat cocok digunakan untuk bangunan usaha yang ingin Anda bangun, seperti pabrik, gudang, ruko dan lainnya. Cara pemasangannya pun sangat mudah. Lantas, bagaimana cara pemasangan atap longspan? Berikut caranya:

  1. Ukur Jarak Tumpuan

Untuk mendapatkan hasil pemasangan yang akurat dan bagus, Anda harus mengukur atap sebelum memasang atap Longspan tersebut. 

Ukurlah semua sisinya, seperti dimensi panjang, lebar dan tinggi dari atap. Kemudian ukur juga jarak tumpuan yang dibutuhkan untuk pemasangan atap spandek tersebut. 

  1. Desain Kuda-Kuda

Ketika mendesain kuda-kuda Anda perlu memperhatikan kekuatan yang diperlukan untuk menahan beban longspan, derajat kemiringan atap agar air hujan bisa mengalir ke permukaan dengan lancar, dan ketentuan panjang top chord. 

Semua ini harus dilakukan oleh orang yang sudah mengerti terkait konstruksi rangka ukuran atap longspan dengan baik. 

Jika dalam perencanaan kuda-kuda saja gagal dilakukan, nantinya akan membuat atap spandek jadi mudah ambruk. Tentunya, Anda tidak ingin ini terjadi kan? Karenanya, pilih orang yang sudah paham dalam pemasangannya. Namun, Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti arahan pemasangan yang benar.

  1. Memasang Kuda-kuda

Saat pemasangan kuda-kuda ini gunakan pakaian pelindung keamanan, seperti sarung tangan, kacamata pelindung dan pakaian berlengan panjang. Hal ini untuk menjaga Anda dari kemungkinan mengalami kecelakaan kerja.

  1. Pemasangan Reng

Pemasangan reng ini harus sesuai dengan lebar daun atap agar dapat menopang atap spandek ketika dipasang. Pastikan Anda melakukan pekerjaan ini dengan cermat dan posisi lurus

  1. Pemasangan Atap Longspan Spandek

Pasangkan atap Longspan secara hati-hati ke reng yang sudah selesai dipasang agar rumah Anda nantinya tidak mengalami kebocoran.

Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan finishing dengan memeriksa kembali hasil dari pekerjaan tersebut. Jika nantinya menemukan ada yang salah dalam pemasangan, bisa segera diperbaiki.

Demikian cara pemasangan ukuran atap Longspan yang bisa dilakukan. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *