4 Kelebihan Besi UNP Dan Estimasi Perkiraan Harga Yang Perlu Diketahui

unp galvanis

Kehadiran dari besi UNP galvanis inilah banyak digunakan di dalam bidang konstruksi ataupun pembangunan bangunan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena keberadaan dari jenis besi inilah ternyata juga menawarkan kelebihan tersendiri, tetapi Anda mungkin belum mengetahuinya. 

Adapun jenis besi satu ini biasanya terbuat dengan menggunakan standarisasi Eropa serta menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari struktur bangunan ataupun pada industri. Jenis besi tersebut mempunyai bentuk hampir mirip dengan U. Apabila Anda ingin memahami mengenai besi tersebut, maka simak penjelasannya berikut. 

4 kelebihan Besi UNP Yang Perlu Diketahui 

Keberadaan dari besi UNP itulah bukan menjadi hal asing lagi dalam dunia konstruksi. Terlebih lagi karena kekuatannya yang Tangguh dan kokoh itulah sudah digunakan untuk pembangunan rumah, Gedung pencakar langsat hingga sebagai konstruksi bak mobil pick up ataupun truk. 

Tetapi secara umum, keberadaan dari besi tipe ini digunakan sebagai purlin, yakni balok penutup rangka atap. Selain itu, juga sering dijadikan sebagai material untuk girt ataupun struktur horizontal yang mampu menopang dinding. 

Banyak digunakan dalam dunia konstruksi, ternyata hal tersebut juga tidak bisa dipisahkan dari sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh UNP ini diantaranya adalah:

  1. Daktilitas Yang Tinggi

Daktilitas adalah kemampuan yang dimiliki besi untuk menahan tegangan tarik atau kemampuan dalam menghadapi adanya simpangan pasca-elastik di daya yang besar. Nah untuk UNP inilah ternyata juga dikenal mempunyai daktilitas cukup tinggi. 

Karena alasan itulah maka  kekuatannya juga tidak perlu diragukan lagi. Bahkan Anda juga tidak perlu khawatir, karena jenis besi inipun tergolong tahan terhadap rayap ataupun karat. 

  1. Bisa Menghemat Biaya 

Dibandingkan dengan baja ringan biasa, UNP inilah dapat membuat Anda menghemat biaya terutama untuk perawatan lho. Sebab UNP sangat tahan terhadap korosi ataupun panas sehingga jauh lebih awet. 

  1. Proses Instalasi Yang Mudah

Kelebihan lainnya adalah adanya proses instalasi yang mudah karena pengguna bisa dengan mudah membentuknya. Secara tidak langsung itulah akan membantu meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan. 

  1. Ramah Terhadap Lingkungan 

Secara tidak langsung keberadaan dari besi inilah juga ramah terhadap lingkungan karena kekuatan dan kemampuannya sangat bagus. Dengan begitu Anda bisa menggunakannya secara berulang-ulang sehingga dapat meminimalisir limbah besi di lingkungan sekitar. 

Harga Besi Jenis UNP 

Kalau dibandingkan dengan jenis baja ringan, untuk besi kanal U inilah menawarkan harga jauh lebih mahal. Tetapi tentunya harga tersebut akan sebanding dengan kualitas sekaligus berbagai kelebihan yang ditawarkan. 

Adapun harga dari besi kanal U ini dibanderol mulai dari R100 ribu untuk kanal U 50 dan 1 jutaan untuk kanal U 200. Harga tersebut mungkin juga akan berbeda di setiap tempat pembelian ataupun tempat tinggal konsumen. 

Keberadaan dari besi inilah dapat menjadi alternatif apabila Anda senang merencanakan konstruksi dari bangunan karena kelebihan yang ditawarkan. Dengan kelebihan besi UNP diatas, tentunya akan membuat Anda beralih ke jenis besi ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *