4 Tips Agar Ice Cream Machine Awet

Ice cream machine bisa dikatakan sebagai salah satu investasi terbaik untuk bisnis es krim. Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana cara merawat mesin ini dengan benar. Ini dia beberapa tips untuk merawat mesin es krim Anda.

Cuci Dengan Sabun Cuci Piring

Tentu tidak semua komponen bisa Anda cuci dengan sabun cuci piring. Hanya komponen yang menampung bahan pembuat es krim dan bisa dilepas yang boleh dicuci. Cup adonan salah satunya, harus benar-benar bersih setelah Anda pakai seharian.

Pastikan Anda juga membilas bagian penampung bahan berkali-kali hingga benar-benar bersih. Bahan-bahan es krim, seperti susu, memiliki aroma khusus yang bisa tertinggal di wadah penampung adonan. 

Hal itu tidak hanya akan mempengaruhi rasa es krim selanjutnya. Tapi, bekas susu ini bisa menimbulkan jamur yang berbahaya bagi kesehatan.

Bersihkan Kondensor Dari Debu

Kondensor yang berfungsi sebagai jalur udara akan menjadi tempat debu dan kotoran menumpuk. Bila tidak dibersihkan, debu dan kotoran ini akan memperlambat kinerja kondensor. Alhasil, proses pendingan berjalan lambat, bahan mudah busuk karena tidak cepat dingin, dan kualitas es krim yang dihasilkan akan menurun.

Ditambah lagi, ice cream machine juga akan memakan lebih banyak energi listrik karena beban besar pada kondensornya. Jadi, tagihan listrik Anda juga akan membengkak.

Gunakan Grease Oil Pada Komponen Mesin Es Krim

Penggunaan minyak ini sangat penting untuk memperhalus kinerja komponen, seperti valve ring dan beater. Tapi, pastikan grease oil yang Anda pakai terbuat dari tumbuhan alami dan food grade. Hal ini agar tidak berbahaya saat bersentuhan dengan bahan-bahan adonan es krim.

Gunakan Kuas Halus

Saat membersihkan komponen dari debu dan kotoran, pastikan memakai kuas dengan bulu lembut. Hal ini agar tidak merusak komponen didalam mesin es krim.

Kalau Anda masih ragu untuk melakukan perawatan secara mandiri, Anda dapat memanggil teknisi ice cream machine untuk melakukannya. Dengan begitu, resiko kerusakan dapat dikurangi dan mesin es krim bisa dibersihkan dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *