Apa Itu Reng Baja Ringan dan Kelebihan Yang Ditawarkannya, Anda Wajib Tahu Ini

reng baja ringan

Reng baja ringan ternyata semakin menjadi pilihan bagi banyak orang dalam membangun rumah ataupun bangunan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena keberadaan dari material tersebut mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan dengan menggunakan reng dari material lainnya.

Seperti sudah diketahui bahwa reng mempunyai peran cukup penting dalam sebuah bangunan terutama atap. Sebab keberadaannya dapat dijadikan sebagai tumpuan sekaligus mengatur jarak antar genteng nantinya. Ada banyak jenis reng yang bisa ditemukan di pasaran termasuk dari material baja ringan tersebut.

Apa Itu Reng Baja Ringan?

Reng baja ringan atau biasanya disebut dengan profil B adalah salah satu jenis baja ringan dimana mempunyai fungsi sebagai peletakan genteng sekaligus penutup dari atap bangunan. Tidak hanya itu saja, keberadaannya juga mampu mengikat rangka kuda-kuda dari sebuah konstruksi atap.

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa keberadaan dari jenis reng inilah semakin banyak diburu oleh sebagian besar orang. Jika Anda hendak mencari reng tersebut, maka juga perlu diingat bahwa keberadaannya terdiri dari ketebalan berbeda-beda yakni mulai dari 0,40 hingga 0.45 mm.

Sedangkan untuk tinggi profilnya adalah sekitar 28 mm-40 mm. Semakin tinggi profil reng baja ringan yang dipilih ternyata juga akan semakin kokoh. Untuk harga reng tersebut sebenarnya Anda tidak perlu khawatir! Sebab masih tergolong sangat terjangkau untuk per batangnya.

Tetapi harga tersebut juga akan bergantung pada faktor lainnya misalnya adalah kualitas bahan, tinggi profil hingga ukuran ketebalan. Untuk harganya sendiri mulai dari 30.000 rupiah per batang sehingga cukup terjangkau di kantong.

Kelebihan Reng dari Baja Ringan

Reng yang terbuat dari material baja ringan inilah ternyata juga menawarkan sejumlah kelebihan bagi para penggunanya. Jika Anda masih ragu buat menggunakannya, maka ulasan berikut ini akan menjawab keraguan konsumen mengenai reng dari baja ringan.

  1.       Harga Jauh Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan harga reng dari kayu, maka material baja ringan menawarkan harga jauh lebih terjangkau lho. Tentu saja ini bisa menjadi solusi paling tepat buat Anda yang mempunyai dana terbatas tetapi ingin membuat bangunan nyaman.

  1.       Anti Karat dan Rayap

Berbeda dengan kayu ataupun bamboo, maka reng dari material tersebut ternyata mempunyai ketahanan terhadap karat ataupun rayap lho. Dengan kemampuannya itulah, Anda tidak perlu khawatir apabila hujan turun karena tidak mudah lapuk.

  1.       Lentur Tetapi Kuat

Keberadaan baja ringan inilah memang mempunyai berat cukup ringan tetapi kekuatan yang ditawarkan tidak boleh diremehkan begitu saja. Selain itu, keberadaannya juga mudah untuk dipasang sehingga menghemat waktu dan biaya.

Reng merupakan bagian yang mempunyai peran cukup krusial karena sebagai tempat untuk menaruh genteng atap. Jika Anda bingung akan menggunakan produk yang mana, maka reng baja ringan adalah pilihan terbaik dengan berbagai keunggulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *