Cara Perawatan Genset agar Tetap Aman Digunakan

Sekring listrik untuk genset

Butuh cara perawatan genset yang dilakukan dengan benar dan rutin agar genset bisa tetap aman selama penggunaannya. Banyak orang yang dalam menggunakan genset kurang memperhatikan perawatan gensetnya.

Padahal perawatan merupakan aspek penting dalam penggunaan genset. Karena dengan perawatan yang baik. Genset bisa tetap aman digunakan, berikut adalah cara untuk merawat genset agar selalu aman.

1. Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu Sebelum Menggunakan Genset

Ketika menggunakan genset, jangan langsung menggunakan genset begitu genset dinyalakan. Nyalakan genset selama beberapa menit terlebih dahulu tanpa digunakan sebagai tahap pemanasan.

Pemanasan digunakan agar genset selalu aktif berjalan pada saat baru dinyalakan. Dengan proses pemanasan ini, genset bisa lebih awet dan lebih handal dalam penggunaannya. Karena itu penting untuk meluangkan waktu dan melakukan pemanasan mesin.

2. Lakukan Pemeriksaan Aki Genset Secara Rutin

Cara perawatan genset selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan aki genset secara rutin. Aki adalah bagian yang sangat penting pada genset sebagai sumber energi. Para pengguna sangat perlu memeriksa alur koneksi dan terminal aki agar tidak longgar.

Pastikan aki terpasang dengan baik dan tidak berkarat. Hal ini diperlukan agar kerusakan pada aki tidak menghambat ketika aki sedang dinyalakan. Jangan lupa, memeriksa dalam beberapa waktu sekali.

3. Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin pada Sistem Kontrol

Selain pada aki sebagai sumber tenaga, pemeriksaan rutin juga harus dilakukan pada sistem kontrol yang digunakan oleh mesin. Sistem kontrol sangat penting karena dimanfaatkan dalam melancarkan saluran beban pada aki.

Karena itu harus diperiksa secara berkala sebelum dan sesudah pemakaian genset. Jangan lupa untuk selalu mengembalikan sistem kontrol ke mode normal setelah selesai digunakan dengan mode tertentu.

4. Selalu Pastikan Level Bahan Bakar

Bahan bakar merupakan aspek yang penting dalam menggerakkan genset. Karena itu, bahan bakar harus selalu dipastikan dalam level yang sesuai agar genset bisa dinyalakan dengan lancar. Tidak hanya soal level bahan bakarnya saja.

Namun perangkat dan komponen yang mendukung bahan bakar ini juga harus dipastikan kondisinya. Pastikan filter bahan bakar dalam kondisi baik berikut juga jalur bahan bakar dan juga tidak ada keretakan pada komponen bahan bakar.

5. Ganti Spare Part Genset Ketika Diperlukan

Penggantian spare part genset sangat diperlukan apalagi jika memang genset sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Jangan memaksakan menggunakan part genset yang sudah usang.

Sekali part genset rusak dan tidak diganti, lama kelamaan akan mempengaruhi kinerja genset secara keseluruhan. Karena itu, lebih baik part genset segera diganti jika memang sudah waktunya diganti dan jangan ditunda.

Itulah cara perawatan genset yang perlu dilakukan agar penggunaan genset tetap aman. Jangan remehkan langkah perawatan di atas. Hal ini demi keamanan para pengguna genset sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *