Apa Itu Ice Flake Machine Dan Seperti Apa Kegunaannya?

ice flakes machine

Anda bisa saja membeli ice flake siap pakai. Namun untuk penggunaan rutin atau dalam jumlah besar, akan lebih hemat biaya apabila Anda berinvestasi dan menggunakan ice flake machine atau flake ice machine.

Apa Itu Ice Flake Machine?

Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan flake ice machine, ya? Mesin ini merupakan alat yang dapat memproduksi es keras berukuran kecil seperti kepingan salju (flake). Ice flake sendiri juga sering disebut dengan nama ice chip.

Ice flake yang dihasilkan pun dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah untuk menyajikan makanan beku ataupun makanan yang didinginkan. Dengan begitu, orang-orang bisa melihat esnya dan penyajian makanan pun terlihat menarik dan rapi.

Biasanya, produsen mesin es juga menawarkan ice flake machine dalam lini produk yang mereka buat. 

Secara garis besar, flake ice machine bekerja dengan cara memproses air untuk diolah menjadi ice flake. Air tersebut bisa jadi difilter alias disaring, atau diproses dengan cara lain agar bisa menghasilkan es dengan jumlah yang bervariasi.

Tentu saja, makin besar flake ice machine yang Anda gunakan, makin besar pula kapasitas produksi dan penampungan esnya. Maka dari itu, Anda perlu pertimbangkan kebutuhan jumlah es Anda terlebih dahulu sebelum menentukan ukuran flake ice machine yang mana yang akan dibeli.

Digunakan di Industri Makanan Sampai Kesehatan

Penggunaan ice flake bisa Anda temukan di berbagai sektor industri. Salah satunya di industri makanan, seperti yang sempat dijelaskan dengan singkat di atas.

Biasanya, ice flake digunakan untuk menyajikan daging dan seafood di toko daging ataupun supermarket. Tak hanya itu saja, ice flake pun biasa digunakan untuk buffet, di mana makanan perlu dijaga kualitasnya pada suhu yang tepat menggunakan es.

Dalam industri makanan, ice flake juga dapat digunakan dalam proses produksi cocktail ataupun berbagai jenis minuman khusus lainnya. Pasalnya, ice flake yang diproduksi dengan flake ice machine memiliki ukuran seragam.

Dengan begitu, ice flake bisa membantu membuat penyajian minuman jadi terlebih lebih menarik. Di samping itu, ice flake juga dapat menjaga suhu dingin yang merata hingga mudah dikemas ke dalam berbagai bentuk maupun ukuran wadah penyimpanan, baik itu nampan ataupun mangkuk.

Dibandingkan dengan es batu atau kepingan es, penggunaan ice flake cenderung lebih stabil saat digunakan untuk penyajian makanan.

Tak hanya itu saja, ice flake juga dapat digunakan di industri kesehatan. Sering kali, sampel medis harus dikemas di dalam es untuk menjaga kualitasnya selama proses pengiriman atau pemindahan.

Mengingat bahwa ice flake machine mampu menghasilkan es dengan ukuran yang konsisten dan mudah dikemas, ice flake jadi pilihan yang lebih efisien untuk kebutuhan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *