Mengenal Seperti Apa Itu Jenis Kompor Induksi Dan Kompor Induksi Tanam

kompor induksi tanam

Terdapat dua jenis kompor induksi salah satunya yaitu jenis kompor induksi tanam. Jenis kompor yang satu ini berbeda dari kompor biasa dan penggunaannya kini semakin populer. Mari ketahui dan pahami lebih jauh tentang apa yang dimaksud dengan kompor induksi, cara kerja serta kelebihan dari jenis kompor induksi ini.

Apa Itu Kompor Induksi

Kompor induksi merupakan jenis kompor yang bisa memanaskan langsung tanpa perlu api karena kompor induksi memanfaatkan energi listrik yang mana energi listrik tersebut adalah sebagai sumber energi panasnya. Jenis kompor induksi selain kompor induksi tanam ada pula jenis kompor induksi portable.

Kompor jenis induksi tanam biasanya banyak dimanfaatkan di apartemen dan hunian modern. Kompor tanam memiliki 2 tungku hingga 4 tungku dan jenis kompor tanam ini memiliki desain yang kesannya minimalis karena sudah tertanam di kabinet bagian bawah kitchen set / countertop dapur. Harga kompor induksi tanam cukup bervariasi.

Selain itu, pada kompor induksi ada juga jenis kompor induksi portable yang merupakan kompor induksi yang bisa dipindahkan. Bentuknya cenderung simple, tipis, dan ringan sehingga mudah membawanya kemana-mana.

Cara Kerja Kompor Induksi

Kompor induksi berbeda dengan jenis kompor listrik. Kompor induksi memanfaatkan reaksi elektromagnetik antara kompor dan alat masaknya. Kemudian dengan adanya reaksi tersebut, panas yang sudah dihasilkan akan menyebar ke alat masak tersebut.

Jadi, kompor induksi memanaskan secara langsung dengan menggunakan energi elektromagnetik. Dengan kompor induksi memanfaatkan reaksi elektromagnetik tersebut, maka makanan dapat lebih cepat matangnya jika dibandingkan dengan kompor biasa pada umumnya. Sekarang ini sudah terdapat berbagai merk kompor induksi tanam terbaik di pasaran.

Keunggulan Kompor Induksi

Kompor induksi dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan untuk kebutuhan memasak. Mengapa? Karena kompor jenis induksi memiliki keunggulan antara lain sebagai berikut.

  • Karena cara kerjanya tanpa perlu nyala api, sehingga dapat terhindar dari risiko seperti kebocoran gas atau terkena luka bakar
  • Tak akan meninggalkan asap sebagai sisa dari pembakaran yang tak sempurna layaknya kompor konvensional
  • Karena ia tak meninggalkan asap, sehingga juga lebih ramah lingkungan
  • Panasnya lebih merata
  • Praktis karena tak perlu bongkar pasang tabung gas dan tak khawatir kompor tiba-tiba mati saat memasak karena kehabisan gas
  • Proses instalasinya mudah
  • Umumnya telah dibekali fitur-fitur canggih untuk lebih memudahkan saat memasak, seperti fitur timer, boost, automatic shut off, dan lain-lain
  • Suhu dapat diatur sesuai kebutuhan sehingga bisa mencegah masakan menjadi gosong
  • Mudah dibersihkan karena permukaan kompornya rata dan licin

Tentunya dibalik kelebihan tetaplah ada kekurangan, salah satunya yaitu memerlukan daya listrik yang cukup besar. Penggunaan kompor induksi juga harus sangat hati-hati. Itu dia sekilas terkait kompor induksi termasuk juga tentang kompor induksi tanam, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *